Inspektorat Pemkab OKU Penuhi Tenaga Auditor Melalui Diklat Mandiri

inspektorat
By inspektorat April 28, 2008 17:41

Inspektorat Pemkab OKU Penuhi Tenaga Auditor Melalui Diklat Mandiri

Related Articles

BPKP Sumatera Selatan memfasilitasi Ujian Sertifikasi Jabatan Fungsional Auditor (USJFA) Mandiri yang berakhir hari ini Kamis, 13 Maret 2008 di Aula Inspektorat Kabupaten Ogan Komering Ulu di Baturaja. Pelaksanaan ujian diawasi oleh dua orang pengawas dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan (Pusdiklatwas) BPKP yang diikuti sebanyak 35 orang calon auditor ahli. USJFA kali ini merupakan lanjutan dari MoU antara Pemkab OKU dengan Pusdiklatwas BPKP tentang Diklat Mandiri yang telah dilaksanakan beberapa bulan yang lalu.
Pelaksanaan ujian diawasi oleh dua orang pengawas dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan (Pusdiklatwas) BPKP yang diikuti sebanyak 35 orang calon auditor ahli. Mata pelajaran diklat yang diujikan meliputi: Auditing, SAKN I, SPM, Akuntansi Instansi Pemerintah. Selain itu, juga diujikan Teknis Komunikasi Audit, Kode Etik Standar Audit, dan Pedoman Pelaksanaan Audit. Soal ujian langsung dibawa oleh Pengawas dari Pusdiklatwas BPKP. Inspektur Pemkab OKU, Drs. H. Umirtom sangat mengharapkan peserta ujian serius mengikuti dan lulus dengan memuaskan.
USJFA berlangsung selama 4 hari dimulai tanggal 10 Maret sampai dengan 13 Maret 2008. Ujian kali inipun merupakan bagian dari ujian serentak yang diselenggarakan oleh Pusdiklatwas BPKP bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Nasional (LAN) RI. Peserta yang lulus nantinya akan sama kualitasnya secara nasional.
Selain USJFA mandiri di Baturaja seperti pelaksanaan yang lalu juga berlangsung ujian di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan. Dari potensi peserta 100 orang, yang mendaftar dan mengikuti ujian 40 orang. Berdasarkan evaluasi kehadiran, terdapat peserta dari inspektorat kab/kota yang telah mendaftarkan diri tetapi tidak mengikuti ujian. Kaper BPKP Sumsel Agus Sukaton W selaku penyelenggara memerintahkan kepada panitia untuk mendata peserta dan segera melayangkan surat kepada instansi asal peserta yang tidak hadir tanpa alasan yang jelas. Hal ini dilakukan agar Instansi yang mengirimkan peserta serius memantau pegawai yang mengikuti ujian, tegas beliau.

inspektorat
By inspektorat April 28, 2008 17:41